Jumat, 21 Februari 2014

Kajian Lingkungan Sekolah

Kajian Lingkungan Sekolah




 
 
 
 
Kajian lingkungan sekolah adalah persyaratan yang harus di miliki sekolah bila hendak menuju sekolah Adiwiyata. sebagaimana kita ketahui bahwa sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan dengan menerapkan kepedulian,berbudaya serta cinta lingkungan.
Sekolah yang memiliki kajian lingkungan maka sekolah tersebut dengan mudah menyusun rencana program dan kegiatan-kegiatan yang terkait pengelolaan lingkungan .

Berikut ini adalah contoh langkah-langkah yang dapat dilakukan sekolah untuk memulai kajian lingkungan.

1. Pembentukan Komite Lingkungan, Terdiri atas guru dan siswa. Tim bertugas melakukan perencanaan kajian lingkungan dan mengkoordinir pelaksanaannya.

2. Kajian Lingkungan
Melakukan kajian lingkungan sederhana, dan merencanakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kerangka pendidikan lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup yang dapat dikaji antara lain:
a. Sampah
b. Air
c. Energi
d. Makanan dan kantin sekolah.
e. Keanekaragaman Hayati
Tim kajian lingkungan dapat dibagi menjadi beberapa sub tim, yang akan fokus pada satu topik. Hasil kajian lingkungan kemudian didiskusikan dan dapat dipamerkan di sekolah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekolah akan masalah lingkungan hidup yang ada di sekolah.
Hasil kajian lingkungan ini juga akan menjadi dokumen penting bagi tim kajian lingkungan untuk memutuskan bentuk aksi lingkungan yang dapat dilaksanakan. Kajianl ingkungan ini juga akan membantu sekolah dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan PLH yang berkelanjutan.

3. Aksi Pendidikan Lingkungan
Komite melakukan pembagian tugas dan melaksanakan kegiatan aksi PLH.

4. Monitoring dan Evaluasi
Komite lingkungan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan kepedulian lingkungan masyarakat sekolah, dan mempublikasikan keberhasilan yang dicapai.

5. Kurikulum
Bersama guru-guru mengidentifikasi topik-topik pembelajaran yang dapat mengintegrasikan aksi kajian pendidikan lingkungan yang sedang dilakukan.

6. Semboyan dan logo lingkungan
Membuat logo dan semboyan sebagai bentuk kampanye pendidikan lingkungan di sekolah.

1 komentar: